Monday 27 May 2013

Pentingnya Produk Halal

Share it Please


Kita sebagai umat muslim tentunya diharuskan untuk memakan makanan yang halal dan Juga baik sebagaimana tercantum  dalam ayat suci Al-Quran "Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu." (Q.S. al-Baqarah: 168).
Ayat di atas merupakan perintah Allah swt. kepada seluruh manusia pada umumnya agar senantiasa memilih makanan yang halal dan baik di dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dan tidak hanya mengikuti hawa nafsu belaka.

Yang dimaksud dengan Halal adalah segala sesuatu yang diizinkan oleh aturan agama Islam baik itu makanan, minuman, aktivitas, tingkah laku, cara berpakaian dan lain-lain.

Sedangkan definisi baik untuk makanan atau minuman adalah makanan dan minuman yang berguna untuk tubuh kita dan tidak mengganggu kesehatan tubuh kita.

Contoh :
  1. Daging Kambing adalah makanan yang halal tetapi ketika kita mempunyai tekanan darah tinggi,     daging kambing tersebut tidak boleh dikonsumsi oleh karena tidak baik untuk kita.
  2. Daging Ular menurut sebagian orang daging ular itu baik untuk kesehatan tetapi menurut Islam daging ular tidak diizinkan untuk dimakan (Tidak Halal)

Dengan 2 contoh di atas dapat disimpulkan didalam mengkonsumsi makanan dan minuman kita sebagai umat muslim diharuskan untuk memenuhi kriteria halal lagi baik.

Untuk memudahkan umat muslim di Indonesia dalam memilih makanan dan minuman yang halal maka MUI memberikan sertifikat halal kepada setiap produk yang dijamin kehalalannya. Sehingga ummat muslim dalam memilih makanan menjadi lebih mudah tinggal melihat logo halal MUI di Indonesia atau logo Halal dari lembaga yang sah jika kita sedang berada di luar negeri.

Contoh Logo Halal






Semoga bermanfaat.


randinotes

No comments:

Post a Comment

Blogroll

About